KELEBIHAN DAN KEKURANGAN MOZILA FIREFOX

MOZILA FIREFOX

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban web lintas platform gratis yang dikembangkan olehYayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.
Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal. Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber terbuka (open-source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. 
Melalui Firefox, Yayasan Mozilla betujuan untuk mengembangkan sebuah peramban web yang kecil, cepat, simpel, dan sangat bisa dikembangkan (terpisah dari Mozilla Suite yang lebih besar). Firefox telah menjadi fokus utama perkembangan Mozilla bersama denganclient e-mail Mozilla Thunderbird, dan telah menggantikan Mozilla Suite sebagai rilis peramban web resmi Yayasan Mozilla.

Di antara fitur populer Firefox adalah pemblokir pop-upyang sudah terpasang di dalamnya, dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Meskipun fitur-fitur ini sudah tersedia untuk beberapa lamanya di peramban-peramban web lainnya seperti Mozilla Suite danOpera, Firefox merupakan peramban web pertama yang mendapatkan penerimaan dalam skala sebesar ini. Firefox ditargetkan untuk mendapat sekitar 10% pangsa pasar Internet Explorer keluaran Microsoft (peramban web terpopuler dengan marginyang besar (per 2004) hingga tahun 2005, yang telah disebut oleh banyak orang sebagai tahun kembalinya perang peramban web. 
Firefox telah mendapatkan perhatian sebagai alternatif kepada Internet Explorer sejak Explorer dikecam karena tuduhan ketidakamanannya—pihak yang setuju terhadap anggapan ini mengatakan Explorer tidak mengikuti standar Web, menggunakan komponen ActiveX yang sering membahayakan, dan kelemahannya terhadap pemasangan spyware dan malware—dan kurangnya fitur-fitur yang dianggap pemakai Firefox penting.  Microsoft sendiri telah merespons bahwa mereka tidak menganggap jika isu-isu mengenai keamanan dan fitur Explorer perlu dikhawatirkan.
Versi 2.0 diluncurkan pada 24 Oktober 2006. Pada versi 2.0 ini, Mozilla mempunyai bug (kelemahan) yaitu akan "crash" jika membuka web page (halaman Web) yang sangat besar dan memiliki JavaScript, namun hal ini telah diperbaiki. 
Versi terbaru firefox saat ini adalah firefox 8.0.1 bisa di unduh melalui website resmi Firefox.

E.      KELEBIHAN & KEKURANGAN
(+) Kelebihan :
·         Tersedia banyak fitur tambahan (add ons) yang menarik dan gratis seperti diantaranyaExtensions, Plugins, Search Engine dan Themes, yang bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
·         Updatenya yang terintegrasi
·         Sistem Operasi : Lintas platform
·         Bahasa : Multibahasa
·         Karena sourcenya yang terbuka sehingga membuat para developernya di seluruh dunia bisa melakukan pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan dan dengan cepat menutup celah keamanan yang ditemukan.
·         Kompatibel dengan beberapa web programming seperti JavaScript, PHP, Java, Perl danPhyton.
·         Sistem security yang terus terjaga walaupun tak menutup kemungkinan masih ada celah yang ditemukan.
·         Dari sisi keamanan, juga mampu mencegah phising.
·         Download manager yang sudah terintegrasi di dalamnya yang mengijinkan pengguna untuk melakukan resume dan suspend proses download, serta masih dapat bekerja walaupun browser ditutup.
·         Kemudahan berselancar dengan tab akan membuat browsing lebih cepat dan praktis, yang memungkinkan pengguna dapat terus membaca suatu halaman ketika halaman lain sedang diload tanpa harus membuka banyak jendela
·         Browser ini dapat menghentikan iklan popup yang mengganggu saat berselancar. Ketika sebuah situs mencoba membuka popup, Firefox mengijinkan user untuk mengendalikannya.
·         Cocok untuk membuka situs-situs multimedia seperti Youtube dan Metacafe.
·         Kemampuan untuk menjangkau sebuah site yang tidak dapat dibuka oleh browser lainnya.
·         Ukuran aplikasi yang relatif kecil, yaitu sekitar 4,7 MB.
·         Penampilan halaman yang lebih lapang dengan area toolbar lebih ringkas.
·         Fitur organisasi bookmark yang mampu mengorganisasi beberapa tab sekaligus.
·         Hasil cetak halaman secara otomatis diperkecil, sehingga tidak terpotong seperti halnyaIE.
·         Mesin pencari terkenal macam Google sudah bekerjasama dengan Firefox.
·         Proses instalasi yang mudah dilakukan dan browser dapat langsung dijalankan tanpa perlu melakukan banyak konfigurasi, serta pengguna dapat mengimpor favorites, setting,history, dan password dari browser lainnya.
·         Sistem Operasi: Lintas platform
·         Bahasa : Multibahasa

(-) Kekurangan :
·         Loading lama saat start up, terlebih jika banyak add-ons yang terinstall
·         Untuk hal merender javascript, Firefox masih kalah cepat dengan Google Chrome, Safari,dan Opera.
·         Kadang-kadang bisa crash tiba-tiba karena management memory yang kurang baik
·         Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat, diperkirakan karena masalah kompatibilitas atau kesesuaian antara pengkodean halaman situs dengan browserMozilla Firefox.
·         Tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e-mailtidak bekerja dengan baik, seperti melihat e-mail HTML maupun membuka link langsung dari e-mail di Outlook.
·         Tidak mendukung sinkronisasi dengan PocketPC Windows dan sinkronisasi USB-cradle, misalnya untuk men-download web calendar.
Instalasi plug-in tidak semudah pada IE, misalnya untuk menginstal Flash Player,Shockwave, Java Virtual Matchine diperlukan instalasi secara manual (tidak otomatis).Firefox juga tidak mendukung
sumber

0 comments:

Post a Comment