KELEBIHAN DAN KEKURANGAN OPERA





OPERA

Opera merupakan web browser dan internet suite yang dikembangkan        oleh Opera Software dengan lebih dari 200 juta pengguna di  Adobe Systems memiliki lisensi teknologi Opera untuk digunakan dalam Adobe Creative Suite. Opera dimulai pada 1994 sebagai sebuah proyek penelitian di Telenor , perusahaan telekomunikasi terbesar Norwegia. Pada tahun  1995, itu bercabang menjadi perusahaan yang terpisah bernama Opera Software ASA. Opera pertama kali dirilis publik dengan versi 2.0 pada tahun 1996, yang hanya berjalan pada Microsoft Windows. Dalam upaya untuk memanfaatkan muncul pasar untuk tersambung ke Internet perangkat genggam, sebuah proyek untuk port Opera untuk perangkat mobile platform dimulai pada tahun 1998. Opera 4.0, dirilis pada tahun 2000, termasuk inti lintas-platform baru yang memfasilitasi penciptaan edisi Opera untuk beberapa sistem operasi dan platform. Sampai titik ini, Opera trialware dan harus dibeli setelah masa percobaan berakhir. Versi 5.0 (dirilis pada 2000) melihat akhir dari persyaratan ini. Sebaliknya, Opera menjadi iklan yang disponsori , menampilkan iklan kepada pengguna yang tidak dibayar untuk itu. Kemudian versi Opera memberikan pengguna pilihan melihat iklan banner atau iklan teks bertarget dari Google . Dengan versi 8.5 (dirilis pada 2005) iklan telah dihapus seluruhnya dan dukungan keuangan utama untuk browser datang melalui pendapatan dari Google (yang oleh mesin pencari kontrak Opera default). Di antara fitur-fitur baru yang diperkenalkan dalam versi 9.1 (dirilis pada 2006) adalah penipuan perlindungan menggunakan teknologi dari GeoTrust , sebuah sertifikat digital penyedia, dan PhishTank , sebuah organisasi yang melacak dikenal phishing situs web. Fitur ini lebih ditingkatkan dan diperluas dalam versi 9,5, ketika GeoTrust diganti dengan Netcraft, dan perlindungan malware dari Haute Secure ditambahkan. Juga di tahun 2006, edisi Opera dibuat dan dirilis untuk Nintendo DS dan Wii sistem game. Opera untuk Wii, yang disebut Internet Channel , bebas untuk download dari rilis pada tanggal 12 April 2007 samp
ai 30 Juni 2007. Setelah tanggal itu, pengguna Wii harus membayar 500 Wii Points (sekitar US $5) untuk mendownload. Seperti pada tanggal 2 September 2009, lagi bebas untuk download. Pengguna yang sebelumnya dibayar untuk men-download yang ditawarkan permainan SPN pilihan mereka dari nilai yang sama. The Nintendo DS Browser tidak bebas; itu dijual sebagai DS fisik cartridge game . Para DSI memiliki saluran internet yang dapat didownload secara gratis dari toko DSi. Sebuah mesin JavaScript baru yang disebut Carakan, setelah aksara Jawa , diperkenalkan dengan versi 10,50. Menurut Opera Software, Carakan lebih dari tujuh kali lebih cepat dalam SunSpider dari Opera 10.10 dengan Futhark pada Windows, yang sejak itu telah lebih atau kurang dikonfirmasi oleh sumber-sumber lain setelah resmi pra-alpha rilis pada bulan Desember 2009. Juga diperkenalkan Opera vektor grafis perpustakaan, Vega, yang menangani semua rendering browser. Hal ini memungkinkan platform yang kode render khusus untuk diganti dengan kode untuk Vega, yang membuatnya lebih mudah untuk menyebarkan seluruh platform bantu Opera pelaksanaan beberapa maju CSS3 properti, seperti latar belakang dan perbatasan, dan juga memungkinkan akselerasi perangkat keras dengan opsional OpenGL dan Direct3D backends. Rilis awal Opera 10,50 adalah untuk Windows saja, untuk memungkinkan tim pengembangan untuk fokus pada rilis waktunya dengan pemungutan suara Uni Eropa browser yang menawarkan untuk Wilayah Ekonomi Eropa pengguna Microsoft Windows . Versi Mac mencapai status akhir dengan versi 10,52 dan pelepasan Opera 10,60 dibawa Windows, Mac, Linux dan FreeBSD kembali ke sync untuk pertama kalinya sejak Opera 10.10. Pada tanggal 16 Desember 2010, Opera 11 dirilis, yang menampilkan ekstensi , tab susun, gerakan mouse visual, dan perubahan pada field alamat. Bidang alamat baru menyembunyikan beberapa seluruh URL, seperti protokol dan string query , tetapi hal ini dapat dimatikan. Dalam 24 jam pertama rilis, Opera 11 adalah diunduh 6,7 juta kali.
Sebagai versi 10,5, Opera fitur mesin JavaScript baru, serta baru vektor grafis perpustakaan, yang bersama-sama secara signifikan meningkatkan kecepatan rendering keseluruhan Opera. Opera termasuk built-in tabbed browsing , memblokir iklan , perlindungan penipuan, sebuah download manager dan BitTorrent klien, bar pencarian, dan web feed aggregator . Opera juga dilengkapi dengan e-mail klien disebut Opera Mail dan IRC chatting klien built in. Opera mendukung Widget Opera , aplikasi web kecil yang dimulai dari dalam Opera. Bersamaan Widget, “Pengguna JavaScript” dapat digunakan untuk menambahkan JavaScript kustom untuk halaman web. Greasemonkey dukungan terbatas, dan tidak ada antarmuka untuk mengelola script atau fungsi beralih ‘Greasemonkey-on’. Opera memiliki beberapa fitur keamanan terlihat oleh pengguna akhir. Salah satunya adalah pilihan untuk menghapus data pribadi, seperti HTTP cookie , sejarah browsing, dan tembolok , dengan klik sebuah tombol. Hal ini memungkinkan pengguna menghapus data pribadi setelah browsing dari komputer publik. Ketika mengunjungi situs web aman, Opera mengenkripsi data menggunakan baik SSL 3 atau TLS,  yang keduanya protokol enkripsi sangat aman. Kemudian menambahkan informasi tentang keamanan situs ke address bar . Ini juga akan memeriksa situs web yang sedang dikunjungi terhadap blacklist untuk phishing dan malware , dan memperingatkan jika cocok dengan daftar ini. Perilaku ini diaktifkan secara default, namun pengguna dapat memilih untuk tidak membuat pemeriksaan seperti otomatis. Jika cek ini dinonaktifkan, pengguna masih dapat memeriksa situs individual dengan membuka dialog Page Info. Pengguna dapat melindungi setiap password disimpan disimpan di Opera dengan password master. Hal ini mencegah malware dari mereka mengakses password kecuali password master dikenal. Untuk menangkap kelemahan keamanan dan bug perangkat lunak sebelum mereka dieksploitasi atau menjadi masalah serius, perusahaan Opera Software mempertahankan publik formulir web di mana pengguna dapat mengirimkan laporan bug. Menurut Secunia, sebuah penyedia layanan keamanan komputer, rata-rata rata-rata kerentanan unpatched dalam 365 hari terakhir adalah 0,01. Hal ini kontras dengan Internet Explorer (38,3), Firefox (5,77), dan Safari (1,54). Pada Januari 2007, Asa Dotzler dari bersaing Mozilla Corporation menuduh perusahaan Opera Software yang mengecilkan informasi tentang kerentanan keamanan di Opera yang tetap pada Desember 2006. Dotzler mengklaim bahwa pengguna tidak jelas informasi kerentanan keamanan hadir dalam versi sebelumnya Opera, dan dengan demikian mereka tidak akan menyadari bahwa mereka perlu untuk meng-upgrade ke versi terbaru atau risiko dieksploitasi.
Opera adalah salah satu browser pertama yang mendukung Cascading Style Sheets (CSS), sekarang sebuah blok bangunan utama dari desain web. Saat ini, Opera mendukung banyak standar web , termasuk CSS 2.1, HTML 4.01, XHTML 1.1, XHTML Basic , XHTML Mobile Profil , XHTML + Suara , WML 2.0, XSLT , XPath , XSL-FO , ECMAScript 3 ( JavaScript ), DOM 2, XMLHttpRequest , HTTP 1.1, TLS 1.2, Unicode , SVG 1.1 Basic, SVG 1.1 Tiny GIF89a , JPEG , dan dukungan penuh untuk PNG , termasuk transparansi alpha. Sejak versi 9, Opera melewati Acid2 tes, tes apakah atau tidak browser benar mendukung standar web tertentu. Opera web browser kedua atau keempat untuk lulus tes (tergantung pada opini tentang menyembunyikan scrollbar) dan browser Windows pertama untuk melakukannya. Opera 10,5 + mencapai skor 100/100 pada Acid3 tes yang terutama difokuskan pada DOM dan JavaScript standar kepatuhan. Opera Mini , ditawarkan secara gratis, dirancang terutama untuk ponsel , tetapi juga untuk smartphone dan personal digital assistant. Versi sampai 4 menggunakan Java ME platform, memerlukan perangkat mobile akan mampu menjalankan aplikasi Java ME. Browser dimulai sebagai proyek percontohan pada tahun 2005. Setelah rilis terbatas di Eropa, secara resmi diluncurkan di seluruh dunia pada 24 Januari 2006.  Opera Mini permintaan halaman web melalui server Opera Software perusahaan, yang proses dan kompres mereka sebelum menyampaikan halaman kembali ke ponsel.  Hal ini proses kompresi mengurangi penggunaan bandwidth hingga 90%, dengan meningkatkan kecepatan konsekuen, dan pengolahan pra-menghaluskan kompatibilitas dengan halaman web tidak dirancang untuk ponsel.  Pada bulan Maret  2010, Opera Software meluncurkan versi beta baru dari Opera Mini untuk ponsel yang berjalan pada open source platform Google Android. Dari versi 5, ada versi asli dari Opera Mini 5 untuk Windows Mobile 2003 5- dan 6-handset berbasis yang tidak membutuhkan Java itu mengimplementasikan fitur yang sama dengan versi Java. Pada tanggal 13 April 2010, Opera Mini secara resmi disetujui sebagai download gratis untuk iPhone (dan iPod Touch ) pada Apple’s App Store.

Kelebihan dan Kekurangan Opera
1.      Kelebihan :
·         Ringan dan cepat
·         Memiliki email client dan rss sendiri, jadi Anda tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya
·         Pemanggilan kembali Cache cepat
·         Fitur mouse gestures, membuat browsing experience semakin asyik
·         Opera 10 memiliki fitur Turbo yang mampu mengkompres halaman saat koneksi lambat
2.   Kekurangan :
·         Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs
SUMBER:
helastexam.wordpress.com/

0 comments:

Post a Comment