KELEBIHAN DAN KEKURANGAN GOOGLE CHROME

GOOGLE CHROME


Google Chrome adalah sebuah peramban websumber terbuka yang dikembangkan oleh Googledengan menggunakan mesinrendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.
Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa. Versi Mac OS X danLinux sudah dirilis
KELEBIHAN & KEKURANGAN


Kelebihan :
·         Chrome dirancang agar berjalan secepat mungkin: ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab, memuat halaman web dalam sekejap, dan menjalankan aplikasi web yang rumit dengAan cepat.

·         Updatenya mudah.
·         Bahasa : 50 bahasa
·         Sistem operasi              :   
Microsoft Windows, 
Mac OS X, 
GNU/Linux, 
FreeBSD, 
Solaris,
OpenSolaris, 
Android, 
dan banyak platforms lainnya
·         Jendela browser Chrome efektif, bersih dan sederhana.
·         Chrome memiliki manajemen memori yang jauh lebih baik daripada browser-browser lain. Setiap satu tab yang dibuka pada chrome sebenarnya adalah satu aplikasi chrome itu sendiri, sehingga ketika error/crash pada salah satu tab tidak akan menyebabkan seluruh browser error dan pengguna dapat dengan mudah men-drag tab keluar dari Chrome untuk membuat jendela Chrome yang baru, tidak seperti browser lain yang menganggap bahwa semua tab yang dibuka pada satu aplikasi browser adalah satu aplikasi.
·         Chrome juga memiliki Task Manager-nya sendiri. Jadi pengguna dapat melihat tab mana saja yang memakan banyak memori, dan bahkan pengguna juga dapat melihat penggunaan memori suatu plugin yang sedang bekerja pada tab-tab tertentu atau jika ada satu tab yang crash maka anda tak perlu menutup semua tab dan hanya meng-end task tab yang crash tersebut.
·         Chrome juga disertai fitur yang dirancang untuk efisiensi dan kemudahan penggunaan. Misalnya, pengguna dapat menelusuri dan menavigasi dari kotak yang sama, dan mengatur tab sesuai keinginan dengan cepat dan mudah.
·         Bila pengguna membuka tab baru, Google Chrome telah mengisinya dengan informasi bermanfaat. Dengan sekali klik, pengguna dapat membuka sumber informasi Web yang paling sering digunakan. Untuk membuka halaman Tab Baru, klik ikon + di sebelah tab terakhir.
·         Chrome dirancang untuk menjaga pengguna agar lebih aman dan terjamin perlindungannya dari program malware dan phishing internal, pembaharuan otomatis untuk memastikan browser tetap terkini dengan pembaharuan keamanan terbaru, dan lain-lain.
·         Sistem security kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker. Terbukti pada ajang Pwn2Own contest, google chrome menjadi browser yang belum berhasil dibobol.
·         Bila pengguna terhubung ke situs Web aman, server yang meng-host situs Web tersebut akan memberikan pengajuan kepada Chrome dan browser lainnya untuk memverifikasi identitas. Pengajuan ini berisi informasi seperti alamat situs Web yang dikonfirmasi oleh pihak ketiga yang dipercaya komputer. Dengan mencocokkan alamat dalam pengajuan dengan alamat situs Web, dapat dipastikan pengguna berkomunikasi secara aman dengan situs Web yang dituju, dan bukan pihak ketiga (misalnya, hacker di jaringan). Kemungkinan alasan ditampilkannya peringatan mencakup:
1.      Komunikasi server dihentikan oleh seseorang di Web yang memberikan pengajuan untuk situs Web lain. Hal ini akan menyebabkan ketidakcocokan.
2.      Server mungkin dikonfigurasi agar mengembalikan pengajuan yang sama untuk beberapa situs Web, termasuk situs yang akan pengguna kunjungi, meskipun pengajuan tersebut tidak valid bagi semua situs Web tersebut. Misalnya, pengajuan mungkin menginformasikan bahwa alamat Web seharusnya adalah www.xyz.com, namun tidak dapat memverifikasi bahwa situs Web ini sama dengan xyz.com.
·         Chrome memiliki banyak fitur internal yang berguna, termasuk di dalamnya translator pada browser, aplikasi, ekstensi, tema, dan masih banyak lagi.
·         Menggabungkan desain simple dan minimal dengan teknologi canggih agar Web dapat diakses dengan lebih cepat, aman, dan mudah.
·         Tampilan layarnya lebih lebar. Menu Bar dan Bookmark Bar lenyap (juga statusbar yang auto hide), ada ruang ekstra untuk melihat page yang sedang pengguna buka. Sehingga pandangan mata pengguna lebih leluasa dan lebih terasa nyamannya browsing dengan Chrome.
·         Pada Interface dari Chrome terlihat bahawa google ingin para penggunanya lebih fokus pada web dan melupakan browser yang digunakan. Ini atinya Google Chrome memiliki tampilan yang tidak mengusik dan nyaman ketika sedang digunakan, seperti penempatan tab di posisi teratas jendela browser.
·         Memiliki “modus penyamaran” Pada modus ini memungkinkan para penggunanya dapat mengakses website tanpa meninggalkan jejak.
·         Terdapat opsi “Make Application Shortcut”. Dengan feature ini sebuah aplikasi web seperti GMail atau Google Teader dapat dijalankan lewat shortcut pada Desktop atau Start Menu. Sehingga kelihatan seperti sebuah aplikasi lokal.
·         Memiliki fungsi pencarian yang sangat baik. Contohnya, chrome dapat mendeteksi ketika pengguna pernah melakukan pencarian di suatu website dan memasukkan website tersebut dalam daftar penyedia pencarian.
·         Menyediakan kemampuan menebalkan nama domain sebuah website. Contohnya ada sebuah website penipuan beralamatkan ibank.klikbca.d60pc.com, maka d60pc.comakan ditebalkan sehingga akan diharapkan para pengguna sadar bawah itu bukan situs/website resmi KlikBCA.
·         Di Chrome, Address Bar juga berfungsi sebagai Search Box, dalam artian jika pengguna mengetik sebuah keyword (bukan URL), maka akan langsung berpindah ke halaman search (defaultnya adalah Google Search). Juga, setiap halaman yang pengguna buka akan masuk ke halaman Most Viewed (halaman yang muncul saat membuka tab baru).
·         Akan menjalankan Flash dan gambar terberat sekalipun, namun paling cepat di antara browser lainnya, yakni dengan waktu sekitar 12 detik, dan power CPU 40%.
·         Chrome memiliki Javascript Virtual Machinenya sendiri, Javascript Virtual Machine pada Chrome dibuat oleh V8 Team yang ada di Denmark. V8 Team ini sudah sangat terkenal akan kemampuannya dalam membuat berbagai Virtual Machine, sehingga virtual machine yang diterapkan di Chrome ini sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Dan untuk selanjutnya, Javascript Virtual Machine yang ada pada Chrome ini akan disebut dengan nama V8.  V8 dapat berjalan jauh lebih cepat dibanding virtual machine lain, sebab V8 dapat secara dinamis mengoptimalkan penggunaan Javascript. Setiap object yang memiliki properti yang sama pada V8 akan berbagi Hidden Class yang sama pula. Faktor lain yang menyebabkan V8 dapat berjalan jauh lebih cepat dibanding Virtual Machine atau Javascript Engine lain adalah karena V8 langsung mengcomplie javascript yang mereka temukan, dan bukan meng-interpret-nya seperti yang dilakukan oleh engine lain. Program yang dicompile akan berjalan jauh lebih cepat dibanding program yang di- interpret, sebab begitu suatu source code dicompile, maka source code itu akan langsung menjadi bahasa mesin. Mesin (CPU) akan lebih cepat menjalankan program dengan bahasa yang mudah dimengerti.
Kekurangan :
·         Ketika user membuka 40 hingga 50 tab dalam satu browser, maka loading browser Chrome tampak melambat dan membuat aplikasi lain di komputer juga menjadi lambat. Hal inilah yang mungkin telah dilupakan Google mengenai dampak JavaScript.
·         Tidak adanya fitur tambahan program add-on seperti Flashblock yang dapat mengatur dan memblokir jalannya Flash, agar browser tidak menjadi lambat dan tidak boros power komputer.
·         Menyimpan 2% data pencarian pengguna, lengkap dengan alamat IP-nya. Walaupun dalam beberapa waktu tertentu data ini akan dianonimkan. Ini artinya google bisa saja tahu “siapa mencari apa, dan dimana.”
·         Google sempat mencantumkan pada Terms of Service mereka, bahwa semua muatan dari pengguna yang hak ciptanya dimiliki oleh pengguna akan diserahkan haknya pada Google. Tapi point ini telah dicabut oleh pihak Google.
·         Beberapa pakar security menemukan adanya lubang kecil/bugs pada chrome. Sehingga ketika membuka suatu halaman website akan membuat browser ini menjadi crash. Lalu Chrome juga memiliki feature Download Otomatis yang dikhawatirkan akan disalah gunakan oleh Hacker.
·         Pada chrome, ketika kita memilih untuk menggunakan Bahasa Indonesia, maka akan terdapat beberapa kejanggalan dalam bahasanya.
·         Installer online sehingga anda harus terhubung dengan internet saat ingin menginstallnya. Walaupun ada offline installer tapi biasanya sering mengalami error saat melakukan update engine.
·         Jika menggunakan versi stable nya maka anda tidak akan merasakan experience dalam menggunakan fitur extensionnya
Sumber

0 comments:

Post a Comment